Jumat, 26 Februari 2010

JAWABAN UNTUK DEAN MUHAMMAD A

TANYA : pa' doa yang lebih sering di kabulkan oleh allah, itu doa yang bagaimana?
JAWAB : Terima Kasih ananda Dean Muhammad, pertanyaan ananda menunjukkan kerinduan ananda akan belaian kasih sayang Allah lewat jawaban atas permohonan yang ananda ajukan pada Allah silahkan ananda simak jawaban dari aa Asep


60. dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku[1326] akan masuk neraka Jahannam dalam Keadaan hina dina" ( QS.Al Mu'Min : 60 )[1326] Yang dimaksud dengan menyembah-Ku di sini ialah berdoa kepada-Ku.

186. dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, Maka (jawablah), bahwasanya aku adalah dekat. aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.( QS.Al baqarah : 186 )

Dari Abi Hurairah ra berkata, bersabda Rasulullah saw bahwa Alloh Azza wa Jalla berfirman : Aku tergantung sangkaan hamba, dan Aku bersamanya ketika ia berdzikir kepada-Ku. Jika ia mengingat Aku, maka Aku mengingatnya dalam Dzat-Ku. Jika mengingat-Ku dalam sekumpulan, maka Aku mengingatnya dalam kumpulan itu. Mere. lebih baik dari mereka. Jika ia mendekat kepada-Ku satu jengkal, aku mendekat kepadannya satu hasta. Jika ia mendekat kepada-Ku satu hasta, Aku mendekat kepadanya satu depa. Jika, ia mendatangi Aku dengan jalan kaki, Aku datangi dia dengan berlari. (HR. Muslim)

Dari ayat dan hadist di atas kita bisa mengambil beberapa kesimpulan agar Doa yang kita panjatkan dikabulkan oleh Allah maka
1. Berdoalah dengan disertai keyakinan bahwa Doa yang dipanjatkan pasti akan dikabul, ini mutlak dan syarat utama dan pertama. bila kita kita berdoa dan diawali dengan perasaan bahwa doa kita tidak akan di kabul maka ya tidak dikabul
2. Berdoalah dengan penuh Keikhlasan dan kesungguhan dalam bingkai ketawadhuan serta me libatkan hati ketika berdoa. Kata Rasulullah SAW, ''Jika kalian berdoa, memintalah kepada Allah ta'ala. Mintalah dengan disertai keyakinan bahwa permintaan kalian akan dipenuhi (dikabulkan), karena sesungguhnya Allah ta'ala tiada akan mengabulkan doa hamba yang lalai.'' (HR Ahmad).
3. Berdoalah Untuk kebaikan. Rasulullah SAW bersabda, ''Doa seorang hamba akan tetap dikabulkan selama tidak berdoa untuk sesuatu dosa atau untuk memutus silaturahim.'' (HR Muslim)
4. Menjaga tubuh dari makanan, minuman , pakaian yang haram
Dari Ibnu Abbas ra berkata: Aku membaca ayat ini. Kemudian Nabi saw bersabda : manusia makanlah oleh kalian dari apa-apa yang ada di bumi ini yang halal dan ba Kemudian Sa 'ad bin Abi Waqash berkata : Ya RasulAlloh do 'akanlah hamba agar menjadi, orang yang do 'anya dikabul. Nabi saw menjawab : Hai Sa 'ad apiklah kamu dalam makan, kamu akan menjadi menusia yang do 'anya dikabul. Demi diri Muhammad yang a pada kekuasan-Nya, sesungguhnya seseorang yang memasukkan sesuap makanan ya haram ke dalam mulutnya, maka tidak akan dikabul darinya selama 40 hari. Dan bara siapa yang tubuhnya tumbuh dari menipu dan riba, maka neraka yang paling pas! baginya. (HR.Ath-Thabrani- AI-Mu 'jamul Ausat VI:311)
5. Awali dan akhiri dengan membaca shalawat Nabi SAW. Hal ini berdasarkan sabda beliau sendiri, ''Setiap doa tertahan hingga diucapkannya shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.'' (Hadis shahih dari Al-Jami'us Shaghir: 4399)
6. Berusahalah menjadi seorang hamba yang selalu menjalankan apa yang diperintahkan oleh agama dan menjauhi semua larangannya. Sebagaimana yang dijelaskan Allah dalam surat Al-Baqarah: 186
sebagai penutup ingtalah hadist Nabi berikut
Tidak berdo'a seorang muslim dengan suatu do'a yang do'anya itu tidak dicampuri sesuatu maksud jahat atau memutuskan silaturahmi, melainkan pastilah do'a itu diperkenankan Tuhan dengan memenuhi satu dari tiga cara. Ada kalanya do'a itu diterima dengan segera, adakalanya disimpan dahulu untuk persediaannya di akhirat, dan adakalanya dipalingkan daripadanya kejahatan yang seumpamanya"
Jabir ra., meriwayatkan, aku pernah mendengar Rasulullah Saw bersabda:
"Tidaklah seseorang berdo'a dengan sesuatu do'a, melainkan Allah Swt memberikan sesuai dengan permohonannya itu, melainkan dijauhkan dari kesusahan. Asalkan dia tidak berdo'a untuk kejahatan atau untuk memutuskan silaturahmi."
Anas ra., meriwayatkan, bahwa Rasulullah Saw bersabda:
"....bahwa Allah Swt menerima do'a orang yang berdo'a, atau diganti untuknya, atau dipalingkan dari kesulitan yang semisalnya, atau dihapuskan dosa-dosanya."
Diriwayatkan bahwa di akhirat nanti ada seseorang yang terkejut menerima sejumlah karunia yang tidak dikira-kira banyaknya dan tidak sesuai sekali dengan amal ibadahnya dikala dia hidup di dunia. Diapun bertanya kepada Allah Swt: "Wahai Tuhan, darimana ini semua?". Allah menjawab, "Bukankah Aku telah memerintahkan engkau agar meminta kepadaKu apa saja di dunia ?", dan orang itu berkata, "Betul ya Tuhanku." Maka Allah Swt menerangkannya "Apa yang engkau mohonkan di dunia itu adalah baru sedikit, Kuberikan kini sisanya. Kuserahkan di akhirat," akhirnya orang itu berkata, "Alangkah baiknya jika sekiranya Tuhan memberikan segala yang kuminta itu di akhirat saja, tidak usah di dunia."
jadi teruslah BERDOA, JANGAN PERNAH MERASA LELAH BERDOA, DAN BIARKANLAH ALLAH MEMBERIKAN YANG TERBAIK UNTUK KITA, Allah sangat sayang hambaNya yang MENJADIKAN ALLAH sebagai tempat meminta
Berkeluh kesah kepada manusia hanya membuat kita semakin hina dalam pandangan manusia dan Allah, berkeluh kesahlah pada Allah maka Allah akan mengangkat derajat kita, menyelesaikan masalah kita dan membuat kita semakin mulia di hadapan manusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar